Menyediakan Rental Mobil(Dalam dan Luar Kota),Antar jemput bandara,Wedding car dan Paket Tour. CALL/WA 0811 6573 588

Rabu, 07 Maret 2018

Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama



Salah satu kerajinan khas daerah Sumatera Utara yaitu Ulos. Berbicara tentang Ulos sudah pasti indentik dengan yang namanya Suku Batak. Ulos sering kali dipakai dalam berbagai kegiatan adat maupun acara lainnya bagi masyarakat Batak. Biasanya Wisatawan dari luar Sumatera Utara mencari dan membeli Ulos untuk Oleh-oleh. Ulos menjadi kerajinan khas Sumut yang harus dibeli kalau ke Sumatera Utara loh.
Kain Ulos banyak dijual disekitaran tempat wisata seperti Danau Toba dan Berastagi. Nah, bagi wisatawan yang hanya sempat jalan-jalan di Medan, tidak usah bingung lagi untuk mencari Ulos untuk oleh-oleh. Cukup datang ke Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama yang berada di Jalan A.R Hakim gang Pendidikan No.130 Medan. Digaleri ini dijual berbagai motif Ulos serta kerajinan lainnya.
Cukup banyak para wisatawan yang berkunjung dan berburu oleh-oleh disini. Meskipun lokasinya didalam gang, namun Galeri terlihat besar dan mencolok. Jadi dipastikan kalian tidak akan nyasar. Bangunannya terdiri dari 3 lantai, namun pengunjung umum hanya boleh masuk sampai di lantai ke-2. Bagian paling atas dibuat unik berbentuk rumah adat Batak Toba. Dari depan gerbang sudah terlihat ornamen batak serta patung-patung yang khas budaya Batak. Sebelum pintu masuk galeri, terdapat deretan Kain Ulos berbagai warna dan motif yang dipajang di dinding bagian luar dekat pintu masuk.
Melangkah masuk ke Galeri, akan disambut oleh kakak pramuniaga yang siap membantu kita untuk memilih ulos yang pas untuk oleh-oleh. Ada banyak pernak pernik kerajinan yang bisa kita bawa pulang, seperti Tas, Baju, Souvenir, topi yang kesemuanya mengandung motif serta ukiran khas Batak. Terdapat rumah panggung khas batak ini, digunakan untuk kegiatan tenun yang di lakukan dua orang ibu-ibu yang sedang menemun kain ulos. Nah jadi para pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan kain ulos, karena pembuatanya masih secara tradisional. Mesin tenun tradisional batak yang masih dijaga kelestariannya secara turun temurun. Diharapkan generasi selanjutnya bisa terus menjaga dan melestarikan budaya khas Batak.
Untuk dibagian bawah rumah panggung, kamu bisa bersantai sambil ngeteh maupun ngopi secara gratis yang disediakan bagi para pengunjung. Tempatnya nyaman dan dilengkapi dengan TV juga. Uniknya banyak dikelilingi patung-patung ukiran khas batak yang penuh arti. Nah, sudah tahukan tempat membeli oleh-oleh khususnya kain Ulos di Medan. Kalian bisa langsung datang ke Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Testimoni Wedding Alphard

Hallo sahabat seindo, Terimakasih telah mempercayakan Perjalanan dan Moment Spesial anda bersama kami Seindo Rental.   Sein...