Menyediakan Rental Mobil(Dalam dan Luar Kota),Antar jemput bandara,Wedding car dan Paket Tour. CALL/WA 0811 6573 588

Jumat, 08 Desember 2017

Kawah Putih Tinggi Raja yang dikenal sebutan Salju Panas



Di Sumatera Utara sebuah propinsi yang mempunyai keindahan obyek wisata Danau Tobanya yang sangat terkenal di Indonesia maupun dunia. Tetapi di Propinsi Sumatera Utara terdapat obyek wisata eksotis yang masyarakat indonesia tidak begitu mengetahuinya. Namanya Kawah Putih Tinggi Raja, yang kalau di Jawa Barat mempunyai Kawah Putih Ciwidey. Namun keindahan Kawah Putih Tinggi Raja tak kalah dengan Kawah Putih Ciwidey, Jawa Barat. 




Kawah Putih Tinggi Raja yang terdapat di cagar alam seluas 176 hektare dan memliki lahan kawah seluas 4 hektare ini bagai mutiara di dalam lumpur. Sumber air panas yang mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius Kawah Putih Tinggi Raja ini berasal dari bukit-bukit kecil yang ada di daerah tersebut, sehingga air panas itu bisa untuk merebus telur hingga matang. Aliran air panas mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak, peristiwa ini menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Sebagian orang menyebutnya dengan Salju Panas. 

Ada dua tempat yang bisa di kunjungi di area obyek wisata ini. Yang pertama adalah bukit kapur yang dilalui oleh aliran air panas yang membuat bebatuan ini menjadi indah dipandang mata, ada juga keindahan karpet alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut yang dilewati air panas menjadikan bebatuan tersebut seperti sebuah karpet yang berwarna hijau keputihan. Diatas juga terdapat sebuah kolam alam yang berluas tidak cukup besar yang mengeluarkan sumber air panas yang nampak bergelembung dari dasar kolam, yang tentunya pengunjung dilarang mandi di area itu. Aliran air panas yang melalui semak-semak pepohonan yang mengering dan berkumpul menjadi satu membentuk sebuah danau yang berwarna biru kehijauan yang amat cantik.



Dolok Tinggi Raja ditetapkan sebagai cagar alam dengan keputusanZelfbestuur Besluit (ZB) Nomor 24 Tanggal 16 April 1924. Hingga sekarang, kawasan ini masih berstatus cagar alam. Untuk mengunjungi lokasi Kawah Putih Tinggi Raja ini anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata atau agen perjalanan yang ada di Kota Medan, Karena sampai saat ini belum ada kenderaan umun menuju ke kawasan ini.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Testimoni Wedding Alphard

Hallo sahabat seindo, Terimakasih telah mempercayakan Perjalanan dan Moment Spesial anda bersama kami Seindo Rental.   Sein...